Berkemah Sebagai Alat Pendidikan
Oleh : Dr. B Lena Nuryanti, M.Pd (Pembina Racana Subang Larang)
• Kegiatan di alam terbuka, sbg salah satu unsur metode kepramukaan, mrpk cara efektif dlm proses pembentukan watak dan kepribadian, pemantapan SESOSIP, peserta didik sbg individu dan sbg anggota masyarakat.
• kaum muda dihadapkan pada dunia yang sukar untuk membedakan antara apa yang penting dan apa yang berkelebihan, apa yang perlu dan apa yang dapat ditunda, apa yang asli dan apa yang palsu, apa yang riil dan apa yang ilusi. Dengan berkemah atau hidup dalam perkemahan peserta didik dapat menghargai kesederhanaan hidup dialam. Dengan cara ini mereka mampu menghindari hidup yang konsumtif, dapat memahami pentingnya hidup harmonis dengan alam dan memeliharanya. Dengan demikian berkemah adalah alat pendidikan.
MANFAAT
- perlu dilakukan secara reguler / periodik, karena dengan berkemah proses pemantapan mental / moral / spiritual, pisik, intelektual, emosional dan sosial terbina dan terkembang secara efisien dan efektif. Acara berkemah sedikitnya diadakan 6 (enam) bulan sekali.
Komentar
Posting Komentar