Langsung ke konten utama

Syarat No. 1, 2 dan 3 Rakit

Syarat No. 1
Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan sebagai penggalang Ramu, sekurang-kurangnya 10 kali latihan.
-> Sama dengan cara penempuhan/pengujian pada tingkat penggalang ramu, hanya bedanya dari segi lamanya periode berlatih. Jika pada penggalang ramu diwajibkan mengikuti latihan selama 6 kali bertuiut-turut, maka pada tingkat penggalang rakit seorang penggalang ramu harus mengikuti latihan selama 10 kali berturat turut.

Syarat No.2
Bersungguh-sungguh mengamalkan Dasa Dharma dan Trisatya.
-> Untuk lebih jelasnya tentang pengamalan Trisatya dan Dasa Dharma, bisa dilihat pada materi sebelumnya. Pembina harus berkonsultasi dengan para guru anggota di sekolah kawan-kawannya. kemudian orang tua dan  saudara-saudaranya tentang sikap dan perilaku anggota setiap harinya.

Syarat No.3
Tahu struktur organisasi dan tanda-tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka.
~> Struktur organisasi Gerakan Pramuka adalah :
1. Musyawarah Nasional (MUNAS) diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, di tingkat Nasional.
2. Musyawarah daerah (MUSDA) diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, di tingkat Daerah Tingkat I/Profinsi.
3. Musyawarah Cabang (MUSCAB) diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, di tingkat daerah Tingkat II (Kabupaten dan Kotamadya).
4. Musyawarah Ranting (MUSRAN) diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. di tingkat Kecamatan.
5. Musyawarah Gugusdepan (MUGUS) diselenggarakan setiap 3 tahun sekali di tingkat gugusdepan.
6. Kwarnas dibantu oleh DKN (Dewan Kerja Nasional) yang tugasnya rnembantu menyelenggarakan urusan Penegak dan Pandega di tingkat Nasional.
7. Kwarda dibantu oleh DKD (Dewan Kerja Daerah).    
8. Kwarcab dibantu pula oleh DKC (Dewan Kerja Cabang).
9. Kwaran dibantu pula oleh DKR (Dewan Kerja Ranting).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi

VISI DAN MISI GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN LENGKAP KOTA BANDUNG 01005-01006 PANGKALAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA VISI 1.Sebagai wadah pembentukan karakter bangsa sehingga melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia dengan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma 2.Sebagai sentral pengembangan pendidikan Pelopor dan Unggul di bidang Kepramukaan sehingga dapat mengembangkan minat, bakat, serta kepribadian anggota Gerakan Pramuka di Indonesia
MISI 1.Melaksanakan pengembangan sampul latihan dan alat latihan pada berbagai jenjang golongan pramuka 2.Melaksanakan berbagai pengembangan metode kepramukaan melalui kegiatan di alam terbuka yang menarik dan menantang 3.Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan kepramukaan 4.Menyiapkan anggota Pramuka yang terampil berbasis keilmuannya 5.Membina dan melatih peserta didik untuk mencapai tingkat pramuka tertingi yaitu Pramuka Garuda Perkuat kaderisasi hingga menghasilkan k…

PENGETAHUAN PETA DAN KOMPAS

PENDAHULUAN Sebagai seorang penjelajah yang baik, seseorang harus menguasai berbagai ilmu pendukung. Salah satu dari diantaranya ialah Navigasi atau ilmu tentang cara – cara untuk menentukan atau mengarahkan suatu perjalanan atau misi dari satu titik pemberangkatan ke titik tujuan dengan cara aman dan seefisien mungkin.
Navigasi darat adalah sebagian dari ilmu navigasi yang dalam prakteknya selalu mengunakan alat Bantu peta dan kompas.dalam materi ini akan diutarakan mengenai :
1.   Pengertian peta topografi
2.   Pengertian kompas
3.   Teknik pengunaan peta kompas
PETA
Yang dimaksud peta ialah gambaran dari permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu sesuai dengan kebutuhan. Peta digambarkan diatas bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.
Peta yang digunakan dalam kegiatan alam bebas adalah peta topografi, karena peta topografi mengambarkan secara proyeksi sebagian fisik bumi. Sehingga dengan memperhatikan peta topografi seseorang dapat memperkirakan bentuk perm…