Langsung ke konten utama

Syarat No. 7, 8, 9 dan 10 Rakit

Syarat No. 7
Pernah ikut serta kerja bhakti gotong royong yang ditugaskan oleh pernbina di sekolahnya, di kampungnya, di tempat ibadah. atau di tempat latihannya.
-> Para pembina di dalam pengujian syarat nomor ini dapat bekerja sama dengan pihak-pihak lain seperti pihak sekolah dalam membersihkan lingkungan sekolah,. bersama DKM membersihkan mesjid. Sewaktu berkemah, misalnya membantu memperbaiki jamban milik penduduk desa. mushola atau mesjid, atau saluran air.


Syarat No.8
Dapat dengan hafal menyanyikan di muka Pasukan penggalang atau di muka pendengar-pendengar lain lagu-lagu Sang Merah Putih (Ibu Sud), Bagimu Negeri, Maju Tak Gentar, Satu Nusa Satu Bangsa, Dari Barat Sampai Ke Timur, dan sedikitnya satu lagu daerah tempat tinggalnya.
-> Pengujian syarat nomor 8, bisa di dalam bentuk perorangan ataupun dalan bentuk kelompok. Para anggota pramuka tampaknya tidak akan banyak mengalami kesulitan di dalam penempuhan syarat ini.


Syarat No.9
Dapat menyajikan satu macam kegiatan seni budaya.
-> Jika membaca biograpi (kisah hidup) dari Lord Baden Powell, maka kita akan akan mengetahui bahwa Baden PoweLl sangat pandai di dalam kegiatan seni budaya, baik bermain musik maupun bermain drama (teater). Maka para anggota pramuka harus dapat pula menunjukkan satu macam kegiatan yang berhubungan dengan seni budaya, seperti misalnya:
1. Kabaret.
2. Vocal Group.
3. Menyanyi.
4. Melawak.
5. Drama/Sandiwara.
6. Sulap.
7. Kesenian Tradisional.
8. Membaca puisi.


Syarat No. 10
Tahu adat sopan santun pergauian Indonesia.
-> Adat sopan santun adalali salah satu kepribadian bangsa Indonesia. Dan sudah sepa/itasnya para anggota pramuka, mengetahui bangaimana sebenarnya adat sopan santun bangsa Indonesia. Seperti misalnya :
1. Menghormati orang tua.
2. Menghormati tarnu.
3. SaIing kunjung-mengunjungi (silaturarrni).
4. Berbicara lemah lembut.
5. Menghonnati dan menghargai tetangga.
6. Bergotong-royong.
7. dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menaksir Ketinggian dan Jarak

Menaksir Tinggi Tehnik Menaksir Tinggi Metode yang dipergunakan dalam menaksir tinggi ada bermacam-macam sesuai dengan kondisi yang ada. Untuk metode penaksiran tinggi dapat diberikan sebagai berikut : 1.                   Metode kesebandingan Setigiga Kelebihan Kekurangan Tidak Bergantung cuaca Bisa d terapkan dimanapun kapanpun Susah membuat kondisi agar kondisi di lapangan sama dengang kondisi d sesuai gambar segitiga tersebut 2.                   Metode Segitiga pada bayangan   Kelebihan Kekurangan Mudah di terapkan dilapangan Hanya berlaku pada cuaca cerah or ada matahari 3.                   Metode Trigonometri   Kelebihan Kekurangan Mudah di terapkan dilapangan Tidak bergantung cuaca Hasil paling akurat d banding yg laen Kudu memb

Kaulinan Barudak : Bebentengan dengan ragam manfaat

Bebentengan merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan anak anak pada zamannya. Bebentengan, salah satu permainan tradisional ( Kaulinan Barudak ) yang sangat diminati oleh   anak -  anak pada zamanya untuk mengisi waktu libur atau sekedar menghilangkan rasa penat di sore hari menjelang malam. Bebentangan, di bebrapa daerah sering kali dikenal sebagai rerebonan untuk di daerah Jawa Barat, sedangkan di daerah lain juga dikenal dengan prisprisan, omer, jek-jekan . Bebentengan, sendiri berasal dari kata benteng atau pertahanan. Bebentengan, memiliki ragam manfaat bagi pemain diantaranya untuk melatih kejujuran, kelincahan, mengambil keputusan dengan cepat dan melatih kemampuan berfikir dalam memenangkan permainan. Bebentengan, sangat coock diperkenalkan sembari dimainkan kepada peserta didk di semua golongan Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega karena dapat mempererat silaturahmi juga persaudaraan. Lantas bagaimana cara memainkannya? Cara Bermain

Cara Menyelesaikan SKU Pramuka Penegak

I. PENDAHULUAN    1.    Syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah syarat kecakapan dengan ukuran minimal yang wajib dimiliki  oleh peserta didik untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU)    2.    SKU sebagai alat pendidikan merupakan rangsangan dan dorongan bagi para peserta didik untuk memperoleh kecakapan-kecapakan yang berguna, dalam usahanya mencapai kemajuan, dan untuk memenuhi persyaratan sebagai anggota Gerakan Pramuka. II.MATERI POKOK    1.    SKU Pramuka Penegak  terdiri dari 2 tingkatan yaitu :      a.    SKU Pramuka Penegak Bantara      b.    SKU Pramuka Penegak Laksana    2.    SKU Pramuka Penegak Bantara (terdiri dari 28 pokok kemampaun), SKU Pramuka Penegak Laksana, (terdiri dari 25 pokok kemampuan), yang secara garis besar, dikelompokkan menjadi :      a.    Kemampuan pengamalan Satya dan Darma Pramuka      b.    Kemampuan berkebangsaan       c.    Kemampuan pemahaman AD & ART Gerakan Pramuka      d.    Kemampuan menabung      e.    Kemampuan berprilaku be