Langsung ke konten utama

Cara Menyelesaikan SKU Pramuka Penegak

I. PENDAHULUAN
   1.    Syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah syarat kecakapan dengan ukuran minimal yang wajib dimiliki  oleh peserta didik untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU)

   2.    SKU sebagai alat pendidikan merupakan rangsangan dan dorongan bagi para peserta didik untuk memperoleh kecakapan-kecapakan yang berguna, dalam usahanya mencapai kemajuan, dan untuk memenuhi persyaratan sebagai anggota Gerakan Pramuka.

II.MATERI POKOK
   1.    SKU Pramuka Penegak  terdiri dari 2 tingkatan yaitu :
     a.    SKU Pramuka Penegak Bantara
     b.    SKU Pramuka Penegak Laksana

   2.    SKU Pramuka Penegak Bantara (terdiri dari 28 pokok kemampaun), SKU Pramuka Penegak Laksana, (terdiri dari 25 pokok kemampuan), yang secara garis besar, dikelompokkan menjadi :
     a.    Kemampuan pengamalan Satya dan Darma Pramuka
     b.    Kemampuan berkebangsaan 
     c.    Kemampuan pemahaman AD & ART Gerakan Pramuka
     d.    Kemampuan menabung
     e.    Kemampuan berprilaku beragama
     g.    Kemampuan kepedulian terhadap masyarakat
     h.    Kemampuan kepedulian pada lingkungan hidup
     i.    Kemampuan keterampilan industri atas pilihan sendiri
     j.    Kemampuan tentang sosial budaya
     k.    Kemampuan kepemimpinan
     e.    Kemampuan berorganisasi, administrasi Gugusdepan dan administrasi keuangan
     m.    Kemampuan sebagai Pembantu Pembina Siaga dan Penggalang

   3.    Cara  menyelesaikan SKU
     a.    Dalam kegiatan kepramukaan SKU merupakan alat pendidikan yang harus diusahakan dapat menjadi pendorong peserta didik untuk berusaha memiliki pengetahuan, kecakapan dan keterampilan yang di persyaratkan untuk dapat berstatus anggota Gerakan Pramuka yang memiliki tingkatan sesuai dengan SKU yang diselesaikannya.
     b.    Pembina Pramuka Penegak  baik secara formal maupun informal selalu memberikan motivasi kepada para Pramuka Penegak untuk menyelesaikan SKU pada tingkatan yang sesuai dengan kondisi peserta didik masing-masing.
     c.    Cara menguji SKU
        1) Penyelesaian SKU dilaksanakan melalui ujian-ujian dengan cara informal oleh  Pembiannya (Pembantu Pembinanya) sendir.
        2) Materi apa yang diujikan, sesuai dengan permintaan/kesiapan peserta didik dan dilaksanakan secara induvidual
        3) Waktu pelaksanaan ujian ditentukan bersama antara Peserta Didik dengan Pembinanya (Pembantu Pembinaya)
        4) Penguji (Pembina/Pembantu Pembina) berusaha agar proses ujian itu dirasakan oleh peserta didik sebagai proses pendidikan yang menyenangkan dan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya.
        5) Ujian dilaksanakan secara induvidual dengan maksud agar pembina  memperhatikan batas-batas kemampuan mental/spiritual, pisik, intelektual, emosional dan sosial peserta didik yang bersangkutan.
        6) Pembina yang menguji SKU hendaknya memperhatikan usaha, ikhtiar, ketekunan, dan kesungguhan yang sudah diperbuat dalam proses ujian SKU.
        7) Penguji membubuhkan parap pada kolom yang tersedia dalam SKU milik pramuka yang diuji, setelah ujian tersebut dinyatakan berhasil (lulus)

   4.    Para penyandang TKU hendaknya selalu berusaha menjaga kualitasnya sehingga dapat menjadi contoh dan panutan teman-temanya, disamping itu yang bersangkutan mempunyai hak untuk menyelesaikan SKU berikutnya.

   5.    Tanda Kecakapan yang sudah ditempel pada lengan baju peserta didik bilamana ternyata tidak dapat dipertanggungjawabkan karena tidak didukung oleh kemampuan pemiliknya, maka pemilikan tanda kecakapan tersebut dapat dilepas/dicabut.

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU)
(silahkan klik syarat dibawah untuk mengetahui penjabarannya)

Tingkat Penegak Bantara
Syarat No. 1
Syarat No. 2
Syarat No. 3
Syarat No. 4
Syarat No. 5
Syarat No. 6
Syarat No. 7
Syarat No. 8
Syarat No. 9
Syarat No. 10
Syarat No. 11
Syarat No. 12
Syarat No. 13
Syarat No. 14
Syarat No. 15
Syarat No. 16
Syarat No. 17
Syarat No. 18
Syarat No. 19
Syarat No. 20
Syarat No. 21
Syarat No. 22
Syarat No. 23
Syarat No. 24
Syarat No. 25
Syarat No. 26
Syarat No. 27
Syarat No. 28
Tingkat Penegak Laksana
Syarat No. 1
Syarat No. 2
Syarat No. 3
Syarat No. 4
Syarat No. 5
Syarat No. 6
Syarat No. 7
Syarat No. 8
Syarat No. 9
Syarat No. 10
Syarat No. 11
Syarat No. 12
Syarat No. 13
Syarat No. 14
Syarat No. 15
Syarat No. 16
Syarat No. 17
Syarat No. 18
Syarat No. 19
Syarat No. 20
Syarat No. 21
Syarat No. 22
Syarat No. 23
Syarat No. 24
Syarat No. 25

Komentar

  1. Kak,,kok link syarat2 nya g bisa diklik????

    BalasHapus
  2. terimakasih atas infonya. alangkah lebih baik jika syarat-saratnya seharusnya dicantumkan.

    BalasHapus
  3. hu'umb nii....
    gimana c,.

    BalasHapus
  4. emank bukan link kan itu mah???

    BalasHapus
  5. bisa berbagi video kegiatannya g ea...???

    BalasHapus
  6. Makasih atas infonya

    BalasHapus
  7. Infonya bagus, ini yang kucari

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi

VISI DAN MISI GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN LENGKAP KOTA BANDUNG 01005-01006 PANGKALAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA VISI 1.Sebagai wadah pembentukan karakter bangsa sehingga melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia dengan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma 2.Sebagai sentral pengembangan pendidikan Pelopor dan Unggul di bidang Kepramukaan sehingga dapat mengembangkan minat, bakat, serta kepribadian anggota Gerakan Pramuka di Indonesia
MISI 1.Melaksanakan pengembangan sampul latihan dan alat latihan pada berbagai jenjang golongan pramuka 2.Melaksanakan berbagai pengembangan metode kepramukaan melalui kegiatan di alam terbuka yang menarik dan menantang 3.Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan kepramukaan 4.Menyiapkan anggota Pramuka yang terampil berbasis keilmuannya 5.Membina dan melatih peserta didik untuk mencapai tingkat pramuka tertingi yaitu Pramuka Garuda Perkuat kaderisasi hingga menghasilkan k…

PENGETAHUAN PETA DAN KOMPAS

PENDAHULUAN Sebagai seorang penjelajah yang baik, seseorang harus menguasai berbagai ilmu pendukung. Salah satu dari diantaranya ialah Navigasi atau ilmu tentang cara – cara untuk menentukan atau mengarahkan suatu perjalanan atau misi dari satu titik pemberangkatan ke titik tujuan dengan cara aman dan seefisien mungkin.
Navigasi darat adalah sebagian dari ilmu navigasi yang dalam prakteknya selalu mengunakan alat Bantu peta dan kompas.dalam materi ini akan diutarakan mengenai :
1.   Pengertian peta topografi
2.   Pengertian kompas
3.   Teknik pengunaan peta kompas
PETA
Yang dimaksud peta ialah gambaran dari permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu sesuai dengan kebutuhan. Peta digambarkan diatas bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.
Peta yang digunakan dalam kegiatan alam bebas adalah peta topografi, karena peta topografi mengambarkan secara proyeksi sebagian fisik bumi. Sehingga dengan memperhatikan peta topografi seseorang dapat memperkirakan bentuk perm…