Langsung ke konten utama

Program Latihan Siaga

Acara Latihan Siaga

1.    Program kegiatan merupakan faktor  yang sangat penting bagi suatu perkumpulan/organisasi dalam upaya mencapai tujuan bersama dengan cara yang efektif dan efisien.

2.    Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang baik yang sanggup bertanggung jawab dan mempu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

3.    Kepramukaan ialah pendidikan luar lingkungan sekolah dan luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di ALAM TERBUKA dengan PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN dan METODE KEPRAMUKAAN, yang sasaran akhirnya pembentukan watak.

Contoh acara latihan dibawah ini, menggunakan panjang waktu latihan acara 90 menit. satu kali seminggu, jadi dalam satu tahun ada 23 kali ramuan ditambah dengan praktik dan acara pengganti bila keadaan cuaca atau lingkungan tidak mengijinkan acara latihan diadakan di alam terbuka.

Minggu 1 (Wisata Bahari) klik
Minggu 2 (Pesta Kebun)
Minggu 3 (Wisata Alam)
Minggu 4 (Pasar Inpres)
Minggu 5 (Terminal Bus)
Minggu 6 (Pasar Hewan)
Minggu 7 (Taman Bunga)
Minggu 8 (Museum Kereta Api)
Minggu 9 (Merayakan Tahun Baru)
Minggu 10 (Pesona Wisata)
Minggu 11 (Kampung Nelayan)
Minggu 12 (Lintas Nusantara)
Minggu 13 (Rally Sepeda)
Minggu 14 (Satu Nusa, Satu Bangsa)
Minggu 15 (Wisata Pegunungan)
Minggu 16 (Tersesat di Gunung)
Minggu 17 (Filateli)
Minggu 18 (Kebun Raya)
Minggu 19 (Apotik Hidup)
Minggu 20 (Kampngku)
Minggu 21 (Lomba Masak)
Minggu 22 (Hari Ibu)
Minggu 23 (Sumber Daya Alam)

Komentar

  1. Makasih, kakak-kakak Pembina Pramuka UPI, programnya cukup variatif

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi

VISI DAN MISI GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN LENGKAP KOTA BANDUNG 01005-01006 PANGKALAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA VISI 1.Sebagai wadah pembentukan karakter bangsa sehingga melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia dengan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma 2.Sebagai sentral pengembangan pendidikan Pelopor dan Unggul di bidang Kepramukaan sehingga dapat mengembangkan minat, bakat, serta kepribadian anggota Gerakan Pramuka di Indonesia
MISI 1.Melaksanakan pengembangan sampul latihan dan alat latihan pada berbagai jenjang golongan pramuka 2.Melaksanakan berbagai pengembangan metode kepramukaan melalui kegiatan di alam terbuka yang menarik dan menantang 3.Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan kepramukaan 4.Menyiapkan anggota Pramuka yang terampil berbasis keilmuannya 5.Membina dan melatih peserta didik untuk mencapai tingkat pramuka tertingi yaitu Pramuka Garuda Perkuat kaderisasi hingga menghasilkan k…

PENGETAHUAN PETA DAN KOMPAS

PENDAHULUAN Sebagai seorang penjelajah yang baik, seseorang harus menguasai berbagai ilmu pendukung. Salah satu dari diantaranya ialah Navigasi atau ilmu tentang cara – cara untuk menentukan atau mengarahkan suatu perjalanan atau misi dari satu titik pemberangkatan ke titik tujuan dengan cara aman dan seefisien mungkin.
Navigasi darat adalah sebagian dari ilmu navigasi yang dalam prakteknya selalu mengunakan alat Bantu peta dan kompas.dalam materi ini akan diutarakan mengenai :
1.   Pengertian peta topografi
2.   Pengertian kompas
3.   Teknik pengunaan peta kompas
PETA
Yang dimaksud peta ialah gambaran dari permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu sesuai dengan kebutuhan. Peta digambarkan diatas bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.
Peta yang digunakan dalam kegiatan alam bebas adalah peta topografi, karena peta topografi mengambarkan secara proyeksi sebagian fisik bumi. Sehingga dengan memperhatikan peta topografi seseorang dapat memperkirakan bentuk perm…