Langsung ke konten utama

Cara Menempuh SKU Penggalang

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah sangat penting bagi setiap anggota pramuka untuk meningkatkan kemampuan dan keteramilannya. Tingkatan-tingkatan didalam masing-masing golongan anggota adalah didasarkan pada kemampuan setiap anggota dalam menempuh Syarat-sarat Kecakapan umum.

Hal tersebut disesuaikan dengan salah satu prinsip didalam Gerakan Pramuka yaitu prinsip sistem tanda kecakapan. Karena jumlah anggota penggalang lebih banyak dibanding golongan yang lain, serta syarat-syaratnya yang hampir sama dengan golongan penegak, maka dibawah ini adalah ringkasan materi dan langkah-langkah untuk membantu para pembina memberikan tes/ujian untuk para penggalang yang akan menempuh syarat-syarat Kecakapan Umum Tingkat Penggalang.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan didalam penempuhan syarat-syarat dari SKU, antara lain :
  1. Ujian Langsung, baik secara tertulis maupun lisan.
  2. Secara tidak langsung, pembina dapat mengamati apakah penggalang tersebut sudah dianggap mampu atau tidak pada syarat-syarat tertentu.
  3. Bentuk ujian/tes dapat pula berupa praktek/peragaan.
Catatan  : Perlu diperhatikan, bahwa sistem tanda kecakapan akan membuat para anggota didik lebih bersemangat didalam berlatih, oleh karena itu sudah sepantasnya pada pembina untuk menggiatkan para penggalang untuk senantiasa aktif dan bersemangat di dalam penempuhan syarat-syarat SKU ini.

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU)
(silahkan klik syarat dibawah untuk mengetahui penjabarannya)

Tingkat Penggalang Ramu
Syarat No.1

Tingkat Penggalang Rakit
Syarat No.1

 
Tingkat Penggalang Terap
Syarat No.19
Syarat No.22
Dikutip dari buku : Andri Bob Sunardi, Panduan Pembina Pramuka, Cetakan Pertama 1996, KIBAR Bandung

Komentar

  1. Bagi kaka" dan adik" yang ingin melihat penjabaran dari point-point SKU Penggalang silahkan lihat postingan di atas y.. terimakasih.. salam pramuka..

    BalasHapus
  2. wah subhanallah sekali y.. tetap memandu j y..

    BalasHapus
  3. ga nyangka loe ampe bikin yg seabrek gini. wkwkwkkwk . . .
    males banget gw, klo pun bikin cuma buat file sendiri, lagian mao d share ama sapa coba. wkwkwkwkwkwk . . .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi

VISI DAN MISI GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN LENGKAP KOTA BANDUNG 01005-01006 PANGKALAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA VISI 1.Sebagai wadah pembentukan karakter bangsa sehingga melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia dengan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma 2.Sebagai sentral pengembangan pendidikan Pelopor dan Unggul di bidang Kepramukaan sehingga dapat mengembangkan minat, bakat, serta kepribadian anggota Gerakan Pramuka di Indonesia
MISI 1.Melaksanakan pengembangan sampul latihan dan alat latihan pada berbagai jenjang golongan pramuka 2.Melaksanakan berbagai pengembangan metode kepramukaan melalui kegiatan di alam terbuka yang menarik dan menantang 3.Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan kepramukaan 4.Menyiapkan anggota Pramuka yang terampil berbasis keilmuannya 5.Membina dan melatih peserta didik untuk mencapai tingkat pramuka tertingi yaitu Pramuka Garuda Perkuat kaderisasi hingga menghasilkan k…

PENGETAHUAN PETA DAN KOMPAS

PENDAHULUAN Sebagai seorang penjelajah yang baik, seseorang harus menguasai berbagai ilmu pendukung. Salah satu dari diantaranya ialah Navigasi atau ilmu tentang cara – cara untuk menentukan atau mengarahkan suatu perjalanan atau misi dari satu titik pemberangkatan ke titik tujuan dengan cara aman dan seefisien mungkin.
Navigasi darat adalah sebagian dari ilmu navigasi yang dalam prakteknya selalu mengunakan alat Bantu peta dan kompas.dalam materi ini akan diutarakan mengenai :
1.   Pengertian peta topografi
2.   Pengertian kompas
3.   Teknik pengunaan peta kompas
PETA
Yang dimaksud peta ialah gambaran dari permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu sesuai dengan kebutuhan. Peta digambarkan diatas bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.
Peta yang digunakan dalam kegiatan alam bebas adalah peta topografi, karena peta topografi mengambarkan secara proyeksi sebagian fisik bumi. Sehingga dengan memperhatikan peta topografi seseorang dapat memperkirakan bentuk perm…